Selamat Datang Saudaraku...Mazaryablog adalah blog pribadi dari Budi Ardianto sebagai rumah pustaka elektrik sederhana,berusaha untuk bisa berbagi dengan anda....

Tuesday 11 March 2014

Mengenal Beras Merah Lebih Dekat

Mengenal Beras Merah Lebih Dekat FeminaBelum makan namanya kalau belum ketemu nasi. Itulah ungkapan yang akrab di kalangan masyarakat kita. Akhir-akhir ini, sering kita dengar anjuran untuk mengonsumsi beras merah. Sebelum mengkonsumsi beras merah, ketahui dulu lima faktanya:
1. Beras merah mengandung vitamin B kompleks.

2. Beras merah berasal dari beras tumbuk, yang kulit arinya tak banyak hilang. Kulit ari beras merah mengandung zat-zat gizi yang penting bagi tubuh. Kulit ari tersebut kaya akan serat dan minyak alami. Serat  sangat penting untuk proses pengolahan energi dan pencernaan.

3. Satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3,5 gram serat, sementara beras putih kurang dari 1 gram.

4. Kandungan vitamin dan mineral beras merah 2-3 kali beras putih.

5. Lemak di dalam kulit ari beras merah kebanyakan merupakan lemak esensial, yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Sedangkan senyawa-senyawa dalam lemak kulit ari juga dapat menurunkan kolesterol darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung. (f) 

 Cegah Kanker

Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM. Oleh para tabib saat itu benda ini dipercaya memiliki nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. Meski, dibandingkan dengan beras putih,kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr),tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yangdihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal).Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg 0,31 mg.

Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalamkeadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, sernutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium.

Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan, peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik-peroksida dapat berubahmenjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut, menyebabkan kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

Cara Membuatnya : hampir sama dengan memasak nasi putih, untuk membuatnaya lebih harum dan menggugah selera tambahkan 2 lembar daun pandan dan 1 batang sereh nyang sudah digeprak keharumannya akan menambah selera makan mmmmm 

 http://www.yusarcahyadi.com/2011/08/fakta-tentang-beras-merah-beras-merah.html
http://www.femina.co.id/kuliner/info.kuliner/mengenal.beras.merah.lebih.dekat/004/002/66

No comments:

Post a Comment